Minggu, 20 Mei 2018

Chapter 10 - Duka


Chapter 10 – Duka:


Salah satu buku yang selesai saya baca dan menurut saya paling berkesan pada tahun ini adalah buku Kala Rasul Berduka karya Abdul Wahid Hasan.

Buku ini terdiri menjadi tiga bagian. Bagian pertama menceritakan tentang fase berduka Rasulullah ketika harus kehilangan orang-orang terdekatnya termasuk keluarga mulai dari ayahnya, ibunya, pamannya, hingga kakeknya. Bagian kedua menjabarkan tentang fase berduka yang harus Rasulullah lalui atas dakwah Islam yang beliau sampaikan. Dan, bagian ketiga yaitu bagian terakhir dari buku ini mengisahkan tentang fase berduka yang beliau alami dalam kehidupan berkeluarganya.

Tiap membaca kisah demi kisah dari tiga bagian yang diceritakan dalam buku tersebut, kerap kali membuat saya merenung, masalah yang saya alami dan membuat saya berpikir bahwa saya sedang mengalami fase berduka karena sedang dirundung masalah tersebut, ternyata hanyalah sebagian kecil, sangat amat kecil bahkan, dari masalah-masalah yang Rasulullah alami dan lalui. Bagaimana Rasulullah tumbuh dengan memiliki kepribadian dan karakter yang begitu luar biasa dan mulia, padahal sejak kecil beliau sudah mengalami banyak kehilangan dari mulai Ayah dan Ibunya, kemudian Kakeknya. Bagaimana Rasulullah harus menghadapi musuh-musuh Islam yang membenci dakwahnya dengan berbagai hinaan dan cibiran, padahal cara dakwah yang beliau lakukan sudah sangat santun dan mulia. Bagaimana Rasulullah mendapatkan berbagai fitnah terhadap keluarganya, padahal Rasulullah sebaik-baiknya manusia yang pernah hidup di dunia.

Kesimpulan yang dapat saya ambil setelah membaca buku tersebut adalah apabila kita merasa berduka atau sedang dirundung masalah, jangan pernah patah semangat karena Allah selalu bersama hamba-hambaNya yang senantiasa mendekatkan diri juga kepadaNya, itulah sikap yang selalu Rasulullah contohkan kepada kita di setiap masalah dan fase berduka yang dilaluinya.


Sekian.

Salam,

-W-

0 komentar:

Posting Komentar