Minggu, 20 Mei 2018

Chapter 2 - Lari



Chapter 2 – Lari

Lari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti melangkah dengan kecepatan tinggi, hilang, pergi tidak dengan cara sah, kabur, dan ada beberapa makna lain dimuat disana. Namun, makna dari lari yang akan saya ceritakan yaitu makna lari versi KBBI yang pertama, melangkah dengan kecepatan tinggi.

Di tahun 2017 ini, lebih tepatnya bulan Oktober kemarin, saya mulai rutin melakukan olahraga lari dengan mematok pada diri saya sendiri minimal dua minggu sekali. Kenapa? Karena saya sedang butuh olahraga dan sarana pelampiasan waktu luang, serta lari adalah olahraga yang sangat simpel. Cukup sediakan sepatu lari, celana training, baju, lalu... lari. Sesimpel itu, kawan. Kalau merasa kesepian karena lari sendirian, saya biasanya tinggal menyediakan handphone berisi lagu favorit saya dan headset, kemudian kesan kesepian itu akan tidak terasa lagi karena ketika lari kamu malah merasa ditemani dengan suara ciamik dari Danilla Riyadi ataupun suara melengkingnya mba Elda ‘Stars & Rabbits’. Dan kawan, setelah saya rutin lari, entah kenapa saya merasa mendapatkan suatu pelajaran berharga. Dengan lari saya sadar bahwa musuh terbesar yang sebenarnya paling sulit saya hadapi bukanlah orang lain, namun musuh terbesar itu adalah diri saya sendiri. Kenapa? Karena ketika saya sedang lari, tidak ada lawan atau pesaing yang harus saya kalahkan seperti ketika sedang bermain futsal ataupun bola, satu-satunya musuh yang harus saya kalahkan hanya diri saya sendiri. Untuk memacu kecepatan lebih tinggi ataupun menempuh jarak lebih jauh, saya hanya harus mengalahkan diri saya sendiri, bukan orang lain.

Begitupun dalam hidup, kadang kala saya terlalu sibuk membandingkan dan berupaya agar dapat melampui orang lain. Tapi lupa akan jati diri saya sendiri, lupa akan pengembangan diri saya sendiri, karena terlalu sibuk melihat pertumbuhan orang lain. Dan dengan seringnya saya lari sedikit banyak membawa sebuah pemahaman yang baru bahwasannya untuk menjadi lebih baik lagi bukan dengan mencoba mengalahkan pencapaian diri kita sendiri sebelumnya, itu sudah merupakan bentuk pertumbuhan yang membawa diri kita untuk lebih baik lagi.

Sekian.

Salam, 

-W-

0 komentar:

Posting Komentar