Minggu, 03 Juni 2018

Chapter 21 - Maya


Chapter 21 - Maya:

Pernah mencoba handphone mu tidak menjamah dunia maya selama seminggu penuh?

Saya pernah. Tiga bulan yang lalu kala saya ingin melakukan self reflection dalam rangka memperingati hari kelahiran, saya mencari tahu apa hal yang berpotensi besar membuat kegiatan tersebut terganggu, dan jawabannya adalah dunia maya. Akhirnya agar khusyu saya memutuskan untuk menarik diri dari dunia maya selama satu minggu. Jadi selama satu minggu tersebut, saya membuat handphone saya tidak dapat terkoneksi dengan dunia maya. Untuk hasil self reflection yang saya lakukan akan saya ceritakan pada jurnal yang lain.

Pada jurnal ini saya justru ingin menceritakan pengalaman saya menjauh dari dunia maya selama seminggu kemarin. Jujur saja, dewasa ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi saya selain sandang, pangan, dan papan. Seperti ada yang kurang kalau dalam sehari saja tidak bisa mengecek instagram, whatsapp, line, maupun berbagai aplikasi chatting serta sosial media lainnya.

Setelah seminggu berlalu, saya menyadari banyak hal, dan salah satu yang paling diingat adalah, ternyata saya bisa lebih produktif kala menjauh dari dunia maya. Sekitar 4 buku saya selesaikan dalam seminggu, padahal sebelumnya, untuk menghabiskan satu buku saja dalam seminggu sulit. Dan momen self reflection saya pun terasa lebih khidmat, hening, dan tenang.

Tetapi bukan berarti ketika kita menggunakan internet itu akan membuat kita tidak produktif, bukan, bukan itu maksud saya.Tapi maksud saya adalah, internet itu seperti benda, ia dapat berguna ataupun merusak tergantung orang yang menggunakannya. Dan untuk kasus saya, ternyata selama ini salah satu hal yang kerap membuat saya tidak produktif adalah karena saya tidak bisa mengontrol diri dengan baik dalam menggunakan internet, dengan kecanggihan internet yang ada bukannya saya manfaatkan untuk explore ilmu baru, saya justru tenggelam dalam feed instagram orang lain. Ah sungguh miris.

Kedepannya, saya berusaha agar dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan internet sehingga saya tidak tenggelam di hal yang semu dan mengabaikan produktivitas di dunia nyata.

Sekian.

Salam,
-W-

0 komentar:

Posting Komentar